Laman

Rabu, 02 November 2011

Resume materi Kel 2


“ORGANISASI  DAN  ADMINISTRASI  BIMBINGAN &  KONSELING  DI  SEKOLAH”

                PENGERTIAN DASAR
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),
Æ  Organisasi diartikan sebagai kesatuan yang terdiri atas bagian-bagian untuk tujuan tertentu.
Æ  Administrasi diartikan sebagai usaha dan kegiatan bersama meliputi penetapan tujuan serta cara dalam pembinaan organisasi , pencapaian tujuan, penyelenggaraan pemerintah, kantor, dan tata usaha.
Æ  Organisasi bimbingan : pengaturan dan penyusunan pola-pola organisasi bimbingan yang akan diterapkan dalam instansi pendidikan.
Æ  Administrasi Bimbingan : usaha pengendalian kerja sama antar tenaga bimbingan untuk mencapai tujuan yang disepakati ( perencanaan program bimbingan, pelaksanaan program bimbingan, dll).

POLA-POLA ORGANISASI

Bagan Organisasi Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah

Pada bagan ini diperjelas mengenai peran bimbingan dan konseling dan siapa yang membawahi bimbingan dan konseling dan bagaimana posisi serta manfaat bimbingan konseling baik bagi tim pengajar, siswa dan tenaga ahli lainnya.

 









 








                                                    SISWA
Garis hitam:                 garis komando
Putih :                          garis koordinasi
Garis panah dua:         garis konsultasi

 KOORDINATOR BIMBINGAN
 Tugas koordinator bimbingan:
  • Penanggung jawab utama untuk pelayanan bimbingan.
  • Administrasi bimbingan  yakni: mengatur kerja sama di antara tenaga bimbingan dan mengarahkan semua kegiatan yang berkaitan dengan bimbingan.
  • Pembagian tugas di antara anggota staf bimbingan sesuai jabatannya.
  • Mengatur hubungan kerja di antara para tenaga bimbingan dengan tenaga pembantu administratif/ tata usaha.

 ADMINISTRASI PROGRAM BIMBINGAN
Program bimbingan adalah suatu rangkaian kegiatan bimbingan yg terencana, terorganisasi, & terkoordinasi.
Seorang tenaga bimbingan professional tidak akan mau memberikan pelayanan incidental saja, menurut kebutuhan dan keperluan yang timbul pada saat tertentu akan tetapi ia akan membuat program secara terencana, terorganisasi dan terkoordinasi.

Keuntungan jika suatu program bimbingan direncanakan dan dikelola dengan baik:
Æ  Ruang lingkup pelayanan bimbingan jauh lebih luas dan semua siswa mendapatkan, pelayanan bimbingan.
Æ  Pelayanan bimbingan jadi usaha yang dilakukan bersama oleh staff  bimbingan sebagai tim kerja.
Æ  Sarana personil dan materil dimanfaatkan secara optimal, dll.

Tujuan- tujuan Pelayanan Bimbingan
  •  Tujuan umum  yaitu mencakup lingkungan sasaran yang lebih luas.
  •   Tujuan khusus yaitu penjabaran dari tujuan umum dan mempunyai lingkungan sasaran yang lebih terbatas .

Urutan pemikiran dalam perencanaan suatu program bimbingan:
Guidance policy à tujuan umum à tujuan khususà Kegiatan bimbingan

Tahap Administrasi Program Bimbingan
1.      Tahap Perencanaan ; 
  •   Melibatkan seluruh staf pendidik institusi pendidikan.
2.      Tahap Pelaksanaan
  •   Menyangkut implementasi dari seluruh kegiatan bimbingan yang direncanakan.
3.      Tahap Evaluasi
  • Usaha menilai efisiensi dan efektifitas dari pelayanan bimbingan itu sendiri, khususnya seluruh kegiatan dalam rangka program bimbingan yang dikelola oleh staf bimbingan.

 
DAFTAR PUSTAKA
Winkel, W. S & Sri, Hastuti. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar