Laman

Minggu, 06 November 2011

Resume materi Kel 6


“ASAS-ASAS LAYANAN BIMBINGAN KONSELING”

A.    Asas-Asas Komunikasi Antarpibadi dalam Konseling
Pelayanan oleh konselor di institusi pendidikan terlaksana dalam interaksi pribadi dak komunikasi antarpribadi yang bercorak membantu dan dibantu (helping relationship). Hal ini dapat berlangsung secara formal dan dikelola secara profesional.
Ciri-ciri dari hubungan antarpribadi dalam hal ini yakni:
1.      Bermakna.
2.      Mengandung aneka unsur kognitif dan afektif.
3.      Berdasarkan saling kepercayaan dan saling keterbukaan.
4.      Berlangsung atas dasar saling memberikan persetujuan.
5.      Terdapat suatu kebutuhan di pihak konseli.
6.      Terdapat komunikasi dua arah.
7.      Mengandung strukturalisasi.
8.      Berasaskan kerelaan dan usaha untuk bekerja sama.
9.      Mengarah ke suatu perubahan pada diri konseli.
10.  Terdapat jaminan bahwa kedua partisipan merasa aman.

B.     Kondisi-Kondisi Eksternal dan Internal
Kondisi/keadaan yang akan berpengaruh terhadap proses konseling dan terhadap hubungan antarpribadi yang berlangsung selama wawancara konseling.

1.      Kondisi-Kondisi Eksternal
Meliputi hal berikut:
a.       Lingkungan fisik.
b.      Penataan ruang.
c.       Bentuk bangunan ruang yang memungkinkan pembicaraan secara pribadi (privacy).
d.      Konselor berpakaian rapi.
e.       Kerapian dalam menata segala barang yang terdapat dalam ruangan.
f.       Penggunaan sistem janji.
g.      Konselor meyisihkan buku, catatan serta kertas di atas meja pada waktu seorang konseli datang untuk berwawancara.
h.      Tidak terpasang peralatan rekaman (alat rekaman audio atau video).

2.      Kondisi-Kondisi Internal
Persyaratan yang harus dipenuhi demi keberhasilan konseling, yaitu:
a.      Di Pihak Konseli
ü  Keadaan awal
Sikap terhadap konselor sebagai pria dan wanita dari umur tertentu, kesan mengenai keahlian konselor, harapannya, kemiripan konseli dengan konselor, dan kemampuan intelektual dan taraf kedewasaan.
ü  Berlakukanlah beberapa persyaratan yang merupakan prasyarat yang menentukan keberhasilan atau kegagalan konseling.

b.      Di Pihak Konselor
ü  Keadaan awal
Jenis kelamin dan umur tertentu, penampilan yang menarik atau tidak, penggunaan humor, dan kecenderungan untuk banyak melakukan gerakan motorik atau tidak.
ü  Persyaratan yang mendukung dalam komunikasi antarpribadi selama berwawancara konseling
ü  Persyaratan yang berhubungan langsung dengan komunikasi antarpribadi,  sebagaimana yang berlangsung dalam wawancara konseling

C.    Teknik-Teknik Konseling
1.      Teknik-Teknik Konseling yang Verbal
      Teknik verbal dengan metode nondirektif (sedikit pengarahan) meliputi:
a.       Ajakan untuk Mulai
b.      Penerimaan/ Menunjukkan Pengertian
c.       Perumusan Kmebali Pikiran-Gagasan/ Refleksi Pikiran
d.      Perumusan Kembali Perasaan/ Refleksi Perasaan
e.       Penjelasan Pikiran-Gagasan/ Klarifikasi Pikiran
f.       Penjelasan Perasaan/ Klasifikasi Perasaan
g.      Permintaan untuk Melanjutkan
h.      Pengulangan Satu-Dua Kata
i.        Ringkasan/ Rangkuman

Teknik verbal dengan metode direktif (banyak pengarahan) meliputi:
j.        Pertanyaan Mengenai Hal Tertentu
k.      Pemberian Umpan Balik
l.        Pemberian Informasi
m.    Penyajian Alternatif
n.      Penyelidikan
o.      Pemberian Struktur
p.      Interpretasi
q.      Konfrontasi
r.        Diagnosis
s.       Dukungan/ Bombongan
t.        Usul/ Saran
u.      Penolakan
                          
2.      Teknik-Teknik Konseling yang Nonverbal
Teknik-teknik nonverbal meliputi:
a.       Senyuman
b.      Cara duduk
c.       Anggukan kepala
d.      Gerak-gerik lengan dan tangan
e.       Berdiam diri
f.       Mimik wajah
g.      Kontak mata
h.      Variasi dalam nada suara dan kecepatan bicara
i.        Sentuhan

DAFTAR PUSTAKA
Winkel, W. S & Sri, Hastuti. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar