TUGAS
TANGGAL 24 OKTOBER 2011
Jika dikaitkan dengan teori tentang asas-asas
layanan bimbingan dan konseling, maka ada beberapa hal yang dirasakan dan yang
diharapkan dari pelayanan bimbingan dan konseling khususnya di fakultas
psikologi konseling
1.
Dari tiga alasan pokok mengapa layanan
pemberian informasi merupakan usaha vital dalam keseluruhan program bimbingan
yang terencana dan terorganisasi dikaitkan dengan poin a yakni informasi yang relevan sebagai masukan dalam mengambil
ketentuan mengenai pendidikan lanjutan sebagai persiapan untuk memangku jabatan
di masyarakat (Buku Winkel “Bimbingan dan Konseling Sekolah” hal 317)
Sehubungan dengan poin a di atas yang dirasakan
sudah terpenuhi dengan baik. Hal ini dilihat dari informasi-informasi yang
relevan dari para dosen melalui sharing di kelas, sharing dengan alumni-alumni yang sudah terjun langsung di
masyarakat yang biasanyan diundang uingntuk berbagi pengalaman. Sharing ini cukup efektif dilakukan
karena selain mendapatkan informasi tentang dunia kerja kita juga diberi
gambaran tentang pekerjaan khususnya yang berkaitan dengan dunia psikologi.
2.
Bahan informasi di fakultas psikologi
bisa didapatkan dari berbagai sumber. Sumber-sumber informasi di fakultas ini
jika dikaitkan dengan poin a pada hal
318:
·
Mading:up-to date dan dan baik dalam pengelolaannya
·
Web jejaring sosial: dirasakan efektif
karena informasi kuliah dan yang lainnya bisa diperoleh dengan mudah khususnya
dengan adanya grup setiap angkatan.
·
Program komputer : dirasakan kurang
dimanfaatkan keberadaannya.
Jika dikaitkan dengan poin b hal 318:
Informasi tentang dunia pekerjaan telah diperoleh
dari banyak sumber yang ada di fakultas mengenai jenis-jenis pekerjaan (field occupation) mengenai gradiasi
posisi dalam lingkup suatu jabatan (level
of occupation), mengenai persyaratan dalam pekerjaan tertentu. Yang
dirasakan sudah cukup baik.
3.
Dalam buku Winkel juga dijelaskan
tentang penggunaan informasi dalam
pelayanan bimbingan.
Dari poin-poin tersebut jika dikaitkan dalam
pelayanan bimbingan maka:
a. Dalam
pelayanan individual
Informasi
didapatkan ketika konsultasi dengan dosen PA, misalnya ketika akan menentukan
mata kuliah yang akan diambil. Namun dirasakan kurang maksimal karena jarang
sekali dilakukan.
b. Dalam
pelayanan kelompok:
Pelayanan
bimbingan secara berkelompok juga dirasakan cukup baik, ditambah dengan adanya
diskusi dan team work yang dibuat
juga membantu mahasiswa dalam memahami dan mengetahui suatu hal.
Harapan-harapan
ke depan:
Ø Pelayanan
individual yakni hubungan antara dosen PA dengan mahasiswa PA.
Ø Pengalaman
dan hubungan dengan para alumni menjadi lebih baik, sehingga para juniornya
bisa mendapatkan pengalaman-pengalaman baru.
Ø Buku
panduan Psikologi terus di updatesetiap
tahun.
Ø Informasi
tentang beban sks membingungkan, yang diperoleh mahasiswa dari dosen yang satu
dengan dosen yanglain terkadang berbeda.
Ø Informasi
tentang beasiswa dalam dan luar negeri dan informasi-informasi yang relevan
lainnya terus di update.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar