Laman

Kamis, 27 Oktober 2011

TUGAS TGL 24/10/2011

TUGAS TANGGAL 24 OKTOBER 2011
Jika dikaitkan dengan teori tentang asas-asas layanan bimbingan dan konseling, maka ada beberapa hal yang dirasakan dan yang diharapkan dari pelayanan bimbingan dan konseling khususnya di fakultas psikologi konseling
1.                           Dari tiga alasan pokok mengapa layanan pemberian informasi merupakan usaha vital dalam keseluruhan program bimbingan yang terencana dan terorganisasi dikaitkan dengan poin a yakni informasi yang relevan sebagai masukan dalam mengambil ketentuan mengenai pendidikan lanjutan sebagai persiapan untuk memangku jabatan di masyarakat (Buku Winkel “Bimbingan dan Konseling Sekolah” hal 317)
Sehubungan dengan poin a di atas yang dirasakan sudah terpenuhi dengan baik. Hal ini dilihat dari informasi-informasi yang relevan dari para dosen melalui sharing di kelas, sharing dengan alumni-alumni yang sudah terjun langsung di masyarakat yang biasanyan diundang uingntuk berbagi pengalaman. Sharing ini cukup efektif dilakukan karena selain mendapatkan informasi tentang dunia kerja kita juga diberi gambaran tentang pekerjaan khususnya yang berkaitan dengan dunia psikologi.
2.                           Bahan informasi di fakultas psikologi bisa didapatkan dari berbagai sumber. Sumber-sumber informasi di fakultas ini jika dikaitkan dengan poin a pada hal 318:
·         Mading:up-to date dan dan baik dalam pengelolaannya
·         Web jejaring sosial: dirasakan efektif karena informasi kuliah dan yang lainnya bisa diperoleh dengan mudah khususnya dengan adanya grup setiap angkatan.
·         Program komputer : dirasakan kurang dimanfaatkan keberadaannya.
Jika dikaitkan dengan poin  b hal 318:
Informasi tentang dunia pekerjaan telah diperoleh dari banyak sumber yang ada di fakultas mengenai jenis-jenis pekerjaan (field occupation) mengenai gradiasi posisi dalam lingkup suatu jabatan (level of occupation), mengenai persyaratan dalam pekerjaan tertentu. Yang dirasakan sudah cukup baik.
3.                              Dalam buku Winkel juga dijelaskan tentang penggunaan informasi dalam  pelayanan bimbingan.
Dari poin-poin tersebut jika dikaitkan dalam pelayanan bimbingan maka:
a.       Dalam pelayanan individual
Informasi didapatkan ketika konsultasi dengan dosen PA, misalnya ketika akan menentukan mata kuliah yang akan diambil. Namun dirasakan kurang maksimal karena jarang sekali dilakukan.
b.      Dalam pelayanan kelompok:
Pelayanan bimbingan secara berkelompok juga dirasakan cukup baik, ditambah dengan adanya diskusi dan team work yang dibuat juga membantu mahasiswa dalam memahami dan mengetahui suatu hal.

Harapan-harapan ke depan:
Ø  Pelayanan individual yakni hubungan antara dosen PA dengan mahasiswa PA.
Ø  Pengalaman dan hubungan dengan para alumni menjadi lebih baik, sehingga para juniornya bisa mendapatkan pengalaman-pengalaman baru.
Ø  Buku panduan Psikologi terus di updatesetiap tahun.
Ø  Informasi tentang beban sks membingungkan, yang diperoleh mahasiswa dari dosen yang satu dengan dosen yanglain terkadang berbeda.
Ø  Informasi tentang beasiswa dalam dan luar negeri dan informasi-informasi yang relevan lainnya terus di update.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar